Selasa, 23 April 2013

Post 1: RPP VEKTOR


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                     : SMA N MOSA
Kelas / Semester    : X (sepuluh) / Semester I
Mata Pelajaran        : FISIKA
Alokasi Waktu         : 8 Jam Pelajaran

Standar Kompetensi
            1.    Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya.

Kompetensi Dasar
            1.2  Melakukan penjumlahan vektor.

Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Menjumlahkan dua vektor atau lebih secara grafis.
2.      Menjumlahkan dua vektor secara analisis.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.    Membedakan pengertian besaran vektor dan besaran skalar.
2.    Menyebutkan contoh besaran vektor dan besaran skalar.
3.    Menuliskan simbol vektor.
4.    Melakukan operasi vektor dengan metode jajargenjang dan metode poligon.
5.    Menganalisis komponen-komponen vektor.
6.    Menyelesaikan masalah vektor dengan menggunakan metode analitik.
7.    Membedakan perkalian skalar dua vektor dan perkalian silang dua vektor.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§  Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§  Percaya diri, Berorientasi tugas dan hasil.

B. Materi Pembelajaran
          Penjumlahan Vektor

C. Metode Pembelajaran
1.    Model       :          Direct Instruction (DI)
 Cooperative Learning
2.    Metode    :            Diskusi kelompok
 Ceramah
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Menerapkan operasi vektor dalam pemecahan masalah secara individu
·        Menggambar vektor, resultan vektor, komponen vektor serta menghitung besar dan arah resultan vektor dalam diskusi kelas.
·        Siswa dapat  Melakukan percobaan untuk menemukan resultan dua vektor sebidang

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA
         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
     -   Sebutkan besaran fisika yang tergolong besaran vektor.
     -   Dapatkah besaran vektor mempunyai nilai negatif?
l  Prasyarat pengetahuan:
     -  Apa yang dimaksud dengan besaran vektor?
     -  Apa yang dimaksud dengan negatif dari sebuah vektor?
b. Kegiatan Inti
  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan besaran vektor dan besaran skalar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan contoh besaran vektor dan besaran skalar. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan penulisan simbol vektor yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikanoperasi vektor dengan metode jajargenjang dan metode poligon. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan langkah-langkah penjumlahan vektor dengan metode jajargenjang yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan contoh soal mengenai penjumlahan dua vektor atau lebih dengan metode jajargenjang. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik memperhatikan langkah-langkah penjumlahan vektor dengan metode poligon yang disampaikan oleh guru. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan contoh soal mengenai penjumlahan dua vektor atau lebih dengan metode poligon. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan beberapa soal mengenai penjumlahan dua vektor atau lebih dengan metode jajargenjang dan metode poligon untuk dikerjakan oleh peserta didik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
l  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);  
      c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal. (nilai yang ditanamkan: Jujur, Toleransi, Mandiri, Demokratis,  Komunikatif, Tanggung Jawab.);

Mengetahui,
Kepala SMA N MOSA



  Laswardi , S.Pd                                  
  NIP.

 Lhokseumawe,              2012
Guru Mapel Fisika



   Drs Suharlan


0 komentar:

Posting Komentar